28 Oktober 2008

Rangkuman Kegiatan Cybermarketing

Berikut ini rangkuman kegiatan Cybermarketing yang, penulis lakukan
berkaitan dengan Search Engine:
Search Engine (situs mesin pencari) adalah sebuah situs web yang
berisi infor masi tentang alamat URL (Uniform Resource Locator) atau link ke
situs web lain.
Jika Anda adalah seorang pendatang baru di "dunia" Internet dan
bingung ke situs mana yang ingin dituju, maka mengunjungi situs Search
Engine adalah satu langkah yang bijak. Dari situs ini Anda bisa melanjutkan
browsing (penjelajahan) ke situs lain sesuai dengan informasi apa yang ingin
Anda cari.
Seperti telah disinggung pada awal buku ini bahwa penulis tidak akan
memberikan teori terlalu banyak, maka penulis akan Iangsung memberikan
contoh kasus yang pernah ditangani oleh penulis.
Penulis pernah menangani seorang klien yang ingin menjual
produknya ke luar negeri. Bagi penulis, produknya termasuk barang baru dan
unik. Penulis belum pernah melihat produk ini sebelumnya (tidak tahu kalau
pembaca). Nama produknya yaitu "Knock Down Housing System".
Setelah penulis memiliki data yang cukup mengenai produk yang
ditawarkan, penulis mulai membuat "Lembar Kerja Cybermarketing" seperti
yang terdapat pada Bab 1 tentang Cybermarketing.

1. Mengunjungi situs web Yahoo! di alamat URL http://www.yahoo.com.
2. Memasukkan kata pencari real estate residence agent housing buyer.
Karena hasil penc arian yang didapat terlalu banyak, maka penulis hanya
memeriksa link pada 20 (dua puluh) halaman awal saja. Alasannya
karena, semakin ke belakang (besar halamannya) maka hasil link yang
ditampilkan semakin tidak relevan dengan informasi yang sedang kita cari.
3. Penulis coba membaca penjelasan singkat pada masing-masing link.
4. Penulis hanya berkonsentrasi pada situs web yang memiliki alamat URL
tingkat satu/utama (seperti http://www.perusahaan.com) atau tingkat dua
(seperti http://www.xyz.com/perusahaan). Penulis "tidak peduli" dengan
situs yang memiliki alamat panjang (seperti
http://www.abc.com/def/123/ghi/perusahaan). Alasannya karena semakin
pendek alamat URL maka pemilik situs web yang bersangkutan serius
dalam mengelola bisnisnya (sebab mereka telah mengeluarkan uang
untuk membangun situs web-nya). Sedangkan alamat URL yang panjang
biasanya dimiliki oleh situs web yang menyimpan halaman web-nya di
server gratis sehingga keseriusan pemilik situs web tersebut dalam
mengelola usahanya diragukan. (Ini salah satu catatan penting, jika Anda
ingin mendapatkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya.)
5. Mengunjungi situs web calon pembeli lalu mencari alamat e-mail yang
mungkin penulis bisa gunakan untuk dikirimi surat penawaran. E-mail ini
biasanya terdapat pada halaman pertama (home page), bisa juga
terdapat pada link yang bertuliskan Contact us, Email, atau More
information. E-mail yang diperoleh dicatat pada "Lembar Kerja
Cybermarketing".
6. Setelah mendapatkan e-mail, sebelum kembali lagi ke Yahoo!, penulis
mencoba mencari link ke perusahaan lain. Biasanya suatu situs web
memiliki link ke perusahaan lainnya yang sejenis/berhubungan bidang
usahanya. Sebagai contoh situs web real estate bisa memiliki link ke
perusahaan real estate lain atau situs web perusahaan bahan bangunan.
Jika penulis menemukan ini, maka ini bisa memudahkan penjelajahan
penulis.
7. Penulis kembali ke Yahoo! dappat mencoba "loncat" k e situs web Search
Engine lain dengan menarik link yang berada di bagian bawah halaman
hasil pencarian. Pada saat buku ini ditulis, link yang tersedia adalah
Sebagai berikut:
Other Search Engines
Alta Vista - HotBot - InfoSeek - Deja News - Lycos - More...
Link situs yang telah dikunjungi biasanya memiliki warna yang lebih muda
(memudar) dari link situs web yang belum dikunjungi (dik lik).
8. Mengulangi kembali langkah no. 3, 4, S, dan 6.
Setelah alamat e-mail terkumpul, Anda kini siap untuk mengirimkan
surat penawaran ke calon pembeli produk atau pengguna jasa Anda.
• Untuk mencari informasi, masukkan kata pencari ke dalam kotak Search
Engine (dalam contoh: real estate residence agent housing buyer).
Setelah itu klik tombol "Search".
• Jika Anda ingin mempelajari cara pencarian informasi yang lebih efektif
(pada situs web Yahoo!), klik link "options".
• Perhatikan total halaman dari hasil pencarian informasi (1 - 17 of 1112),
artinya: halaman pertama terdiri dari 17 situs web dari total 1112 situs web
yang ditemukan. Halaman awal biasanya memuat situs web yang paling
sesuai dengan informasi yang kita cari. Oleh sebab itu, penulis
memutuskan untuk berkonsentrasi pada 20 halaman web pertama saja.
• Agar hasil (alamat e-mail) yang diperoleh memuaskan, selain membaca
keterangan mengenai masing-masing situs web, penulis hanya
mengunjungi situs web yang memiliki alamat URL tingkat I atau II (contoh:
tingkat I adalah http://www.company.com dan tingkat II adalah
http://www.xyz.com/company).
• Jika Anda membaca informasi yang terdapat pada bagian paling bawah
(dasar) dari halaman web hasil pencarian, maka Anda akan menemukan
link ke situs Search Engine lain. Dari link ini, Anda bisa "loncat" untuk
mencoba hasil pencarian di situs web lain.
• Gambar di atas adalah salah satu perusahaan yang menawarkan jasa
layanan pengiriman e-mail secara massal untuk keperluan marketing.
• Dengan menggunakan jasa layanan perusahaan ini, Anda akan banyak
berhemat (terutama waktu dan tenaga) dalam mengirim e-mail penawaran
ke calon pembeli/klien Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar